1 Lot Berapa Lembar Saham? Ini Jawabannya

Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para pendatang baru di dunia saham yaitu apa itu lot? 1 lot berapa lembar? Berapa harga 1 lot? Pertanyaan-pertanyaan ini memang sudah wajar ditanyakan apalagi ini juga termasuk hal dasar yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum masuk ke dunia saham.

Apa Itu Lot di Saham?  

Sejumlah unit instrumen keuangan sesuai standar yang dibeli dari bursa yaitu Lot. Jumlah unit ini menjadi penentu berupa kuantitas saham sebagai ukuran lot. Sebagai contoh, di Indonesia, 1 lot sama dengan 100.

Apakah lot penting dalam dunia saham? Mengapa? Dalam banyak kasus, nilai satu lembar saham terlalu kecil untuk diperdagangkan. Untuk alasan ini, standar ditetapkan untuk memastikan bahwa jumlah unit yang beredar jelas dan sesuai.

Di sisi lain, nilai lot standar yang dapat dibagi menjadi 100 saham disebut lot bulat (round lot), dan saham non-standar yang kurang dari 100 saham disebut lot ganjil (odd-lot). Pada dasarnya, setiap investor tentu ingin hasil yang besar. Tentu saja, semakin banyak saham yang Anda miliki, semakin sulit bagi seorang investor untuk membeli saham per lembarnya saja.

1 Lot Berapa Lembar?

Setiap pemangku kebijakan memiliki aturannya sendiri sehingga jumlah 1 lot akan bervariasi dari satu negara dengan negara lainnya. Di Indonesia, jumlah lembar saham dalam 1 lot diatur oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Jadi BEI dapat mengubah peraturan ini sewaktu-waktu berdasarkan evaluasi dari seluruh transaksi perdagangan saham di Indonesia.

Misalnya, dengan tujuan untuk meningkatkan perdagangan menjadi lebih likuid atau peningkatan likuiditas, BEI dapat mengurangi jumlah saham sehingga nilai 1 lot dapat diakses oleh semua orang karena lebih terjangkau. 

1 Lot Berapa Lembar Saham di Indonesia?

Untuk berinvestasi di saham Indonesia, Anda perlu membeli 1 lot minimal dan jika ditanya 1 lot berapa lembar di Indonesia? 1 lot sama dengan 100 lembar saham. Aturan 1 lot sama dengan 100 lembar saham telah ditetapkan oleh BEI pada 6 Januari 2014.

Sebelumnya, 1 lot sama dengan 500 lembar saham. Kebijakan baru ini dibuat sehingga dapat menyasar hingga investor pemula yang memiliki modal lebih kecil sekaligus meningkatkan minat masyarakat dalam berinvestasi di pasar saham.

1 Lot Berapa Lembar Saham di Amerika Serikat

Tidak ada batasan berapa lembar dalam 1 lot di Amerika Serikat karena investor bebas membeli meskipun hanya 1 lembar saham saja. Pemilihan saham dan harga sangat berbeda karena pasar saham sangat di Amerika Serikat sangat besar.

Hal ini penting untuk dipahami karena para investor bahkan dapat membeli saham dari perusahaan yang tidak terdaftar di BEI. Bahkan jika Anda menemukan broker yang menawarkan trading saham di New York Stock Exchange dan Nasdaq, Anda dapat membeli saham Google atau Apple di Amerika Serikat.

Berapa Harga 1 Lot Saham? 

Sekarang setelah Anda mengetahui berapa lembar saham dalam 1 lot pada ulasan musik-live.net ini, mungkin Anda masih akan bertanya berapa harga 1 lot saham. Untuk lengkapnya, harga saham bisa dicek melalui halaman resmi BEI karena BEI telah mengatur minimal pembelian saham sebanyak 1 lot.

Sebagai contoh, akan dibahas harga 1 lot saham BCA. Pada saat artikel ini ditulis, harga 1 lembar saham BCA yaitu Rp 32.050 per lembar. Lalu apabila mengikuti kebijakan pembelian minimal 1 lot yang telah ditetapkan BEI, maka harga 1 lot saham BCA adalah Rp 3.205.000. Harga per lembar dikali 100 karena sesuai ketentuan 1 lot berapa lembar dari BEI.

Leave a Comment